Untuk saat ini, berbagai jenis kain saat memang sangat beragam. Namun yang banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai macam pakaian adalah kain satin. Berbagai model pakaian mulai dari pakaian sederhana, busana muslim hingga pakaian mewah, dapat kita jumpai dimana saja dengan pemakaian kain satin ini.

Harganyapun dibandrol bervariasi, mulai dari harga yang termurah hingga yang termahal. Variasi harga tersebut ditentukan oleh jenis kain dan juga model yang digunakan. Karena ada beberapa jenis kain satin, maka harganyapun juga bervariasi sesuai dengan kualitas.

Berikut beberapa jenis kain satin yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian dan kecocokannya dalam penggunaan pakaian.

Pengertian Kain Satin

Bagi anda pemula dalam bidang fashion, tentu masih belum paham apa yang dimaksud dengan kain satin. Kain satin merupakan salah satu jenis kain yang dilakukan dengan tehnik tenun dalam pembuatannya.

Dengan menggunakan tehnik weafe dilakukan demi mendapatkan hasil glosi atau mengkilap pada hasil kainnya. Jadi kebanyakan dari jenis kain satin, semuanya memiliki tekstur yang mengkilap.

Sementara bahan yang digunakan dalam pembuatan kain satin ini adalah sutra, nylon atau juga polyester. Sedang kain ini memiliki sifat lembut, halus dan juga jatuh.

Karakteristik Kain Satin

Berikut beberapa karakteristik dari kain satin yang mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum hawa dalam penggunaanya sebagai bahan pakaian mereka.

Kain satin memiliki sifat bahan yang sangat lembut. Diarenakan kelembutannya tersebut, kain ini termasuk kain yang jatuh. Jadi jika digunakan untuk bahan pakaian akan lebih nyaman dan tidak terkesan kaku.

Selain itu, karakteristik lain dapat dijadikan patokan adalah dari tekstur kain yang glosy. Jika digunakan untuk pakaian resmi, akan terlihat mewah dan elegant. Selain itu, hal lain yang mampu menarik perhatian adalah jenis kainnya yang adem, sehingga nyaman dalam pemakaian sehari-hari.

Jenis Kain satin

Setelah mengetahui tentang pengertian kain satin dan juga karakteristiknya, selanjutnya akan membahas mengenai jenis-jenis kain satin dan kecocokannya dalam bahan pakaian.

  1. Cloth

Jenis kain satin yang satu ini dibuat dengan bahan wol prancis. Tidak sedikit dari masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan satin wol. Jenis pakaian yang banyak menggunakan kain satin cloth ini adalah gaun atau blouse.

  1. Sateen

Kain sateen ini dibuat dengan bahan dasar rayon atau katun. Sedangkan tehnik yang digunakan tetap sama dengan kain satin lainnya yaitu dengan tehnik wafe.

Namun yang membedakan adalah dari serat yang digunakan. Pada satin jenis ini menggunakan serat filamen. Jenis pakaian seperti kebaya banyak menggunaan jenis kain ini untuk dipadukan dengan kain brokat.

  1. Bridal

Kain ini memiliki sifat kaku namun tetap elegant. Kebanyakan dari acara-acara besar, menggunaan jenis kain ini, seperti acara tasyakuran, lamaran, hingga pernikahan. Karena panggunaanya yang begitu istimewa, tentu kain ini memiiki kualitas yang bagus. Jadi tidak heran jika hargnyapun terbandrol lebih mahal dibanding kain lainnya dalam kualitas pemium.

  1. Clarissa

Kain ini memiliki tekstur mengkilap, jatuh dan tidak kaku maka dari itu banyak digunakan sebagai rok atau bawahan dari kebaya. Meskipun memiliki bahan yang bagus, untuk harganya terbilang murah.

  1. Velvet

Jenis satin yang satu ini berbahan dasar polyester yang dipadukan dengan bahan rayon super dan juga sapndek jersey. Berbagai model pakaian pesta dan juga gamis, banyak menggunakan bahan satin yang satu ini.

Nah, kelima jenis bahan satin di atas, adalah yang banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian.