Di tengah pandemi saat ini, menjaga kesehatan sangatlah penting. Penerapan 3M yang sekarang berubah menjadi 5M menjadi salah satu kuncinya. 5M terdiri dari memakai maskter, mencuci tangan menggunakan sabun dan diusahakan di air yang mengalir, menjaga jarak dengan orang lain, menjauhi kerumuman massa, dan membatasi kegiatan di luar rumah.

Selain penerapan 5M, meningkatkan imunitas juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini. Masyarakat berbondong-bondong mencari cara agar imunitas tubuh mereka meningkat. Salah satu cara yang mudah dilakukan ialah mengkonsumsi empon-empon.

Taukah kalian apa empon-empon itu? Empon-empon merupakan salah satu jenis rimpang atau bisa disebut juga dengan akar tinggal atau rhizoma. Tumbuhan jenis ini bagian batangnya berada di dalam tanah. Contoh tanaman empon-empon yaitu kunyit, jahe, kencur, lengkuas, temu lawak, adas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai peningkat imun, empon-empon digunakan dalam bentuk ramuan tradisional. Dalam bentuk praktisnya, empon-empon dapat kita temukan dalam bentuk ramuan jamu tradisional. Sebagian besar jamu tradisional terbuat dari empon-empon jenis temu lawak, kencur, dan kunyit. Untuk jahe, orang-orang lebih suka mengolahnya menjadi minuman penghangat tubuh.

Jamu sudah terkenal dari ratusan tahun yang lalu. Ramuan jamu tradisional identik dengan masyarakat Jawa. Catatan tentang ramuan tradisional jamu, dapat ditemukan di manuskrip kuno. Dulu, sebagian besar orang mengkonsumsi jamu yang dijual oleh para penjual jamu keliling dalam bentuk jadi (cair). Dengan perkembangan zaman, jamu mulai berinovasi dalam bentuk bubuk yang bisa dikonsumsi dimana saja.

Selain untuk ramuan tradisional berbentuk jamu, kita juga dapat memanfaatkan empon-empon sebagai bahan baku kosmetik, bumbu masak, pewarna alami, ramuan tradisional untuk perawatan tubuh, makanan dan minuman, serta diambil minyak asirinya.

Menanam empon-empon sangatlah mudah. Banyak masyarakat di Indonesia terutama Jawa menanam tanaman empon-empon di halaman rumah mereka. Selain untuk tanaman obat, empon-empon juga dapat digunakan untuk tanaman hias. Cara menanam empon-empon yaitu dengan menanam kembali akarnya.

Meningkatkan imun dengan mengkonsumsi empon-empon dan penerapan 5M merupakan beberapa usaha yang dilakukan masyarakat untuk menghadapi pandemi saat ini. Namun tidak bisa kita pungkiri, bahwa daya tahan tubuh masyarakat juga akan ada pada fase rendah. Pada fase tersebut, banyak masyarakat yang rentan terkena penyakit. Namun, pada saat sekarang ini masyarakat takut untuk berobat ke rumah sakit. Masyarakat cenderung memiliki pemikiran negatif terhadap penanganan penyakit di rumah sakit. Mereka takut dikatakan sebagai salah satu penderita virus Corona jika mereka berobat di rumah sakit.

Sebagian besar dari masyarakat  lebih memilih membeli obat di apotek daripada berobat ke dokter atau rumah sakit. Tanpa menggunakan resep dokter, masyarakat mudah membeli obat-obat yang dibutuhkan. Masyarakat cukup mengutarakan gejala penyakitnya ke para apoteker. Mereka menganggap bahwa menggunakan resep dokter ataupun tidak terkesan tidak begitu penting. Sedangkan, membeli obat tanpa resep dokter merupakan hal berbahaya.

Tahukah kalian apa solusi dari permasalahan tersebut? Salah satunya adalah dengan mengikuti forum kesehatan di berbagai situs online. Di forum kesehatan online, masyarakat dapat bertanya mengenai berbagai gejala penyakit yang dialami. Masyarakat dapat bertanya jawab dengan para dokter di forum secara daring. Salah satu situs online yang cukup terpercaya yakni Sehat.com. Di situs ini, masyarakat dapat berdiskusi melalui obrolan dengan para dokter. Masyarakat akan mendapatkan saran medis yang tepat sesuai dengan keluhannya.