sebelum kamu berencana untuk merenovasi rumah, sebaiknya kamu pahami lebih dulu perbedaan antara tukang harian dan borongan. Pasalnya bila sampai salah pilih, bisa jadi beberapa hal yang kebuang percuma seperti, uang, tenaga, dan yang lain.

Tetapi kamu tak perlu cemas bila kamu belum pahami ketidaksamaan tukang itu.

Karyawan bangunan bisa kita dapatkan secara mudah dimanapun. Bahkan juga nyaris tiap orang yang mempunyai rumah mempunyai kenalan seorang tukang bangunan. Tetapi cari tukang yang sama sesuai dan berkualitas sebagai rintangan tertentu untuk beberapa orang.

Pilih tukang terkadang cukup memusingkan. Karena kamu harus dapat pahami beberapa point utama bila ingin mengaryakan tukang. Satu diantaranya ialah pilih di antara tukang harian atau tukang borongan.

Umumnya ke-2 tipe tukang itu mempunyai ketidaksamaan di mekanisme pembayaran dan kepiawaiannya. Tetapi, kamu harus juga dapat sesuaikan dengan tugas yang hendak kamu percayakan ke tukang itu.

Nach agar kamu semakin memahami bagaimana sich langkah milih di antara tukang harian dan borongan ini, Homeplan akan menerangkannya dengan detail di bawah ya, yok dibaca!

Tukang Harian

Tukang harian ialah tukang yang memakai mekanisme pembayaran harian (dibayarkan setiap hari) sesuai harga yang ditetapkan oleh tukang, dan sudah disetujui bersama.

Kelebihan

Kelebihan tukang harian ialah kualitas kerjanya yang umumnya lebih rapi dan cermat. Disamping itu tukang harian umumnya mempunyai ketrampilan detil seperti pakar atap yang umumnya secara eksklusif kerjakan tugas atap.

Bila kamu memakai mekanisme harian, kamu dapat menghentikan tukang langsung bila kamu tidak senang dengan kerjanya. Tetapi kamu harus juga mempunyai argumen yang terang ya bila ingin menghentikan tukang itu. Janganlah sampai kamu bikin rugi tukang itu karena hanya argumen egoismu saja. Janganlah lupa untuk be smart and wise ya!

Kelemahan

Dan, kelemahan pada mekanisme tukang harian ini ialah waktu tugas yang rawan dimainkan oleh pelaku tukang.

Sebagai contoh, tugas yang semestinya bisa usai dalam kurun waktu satu hari dapat dibikin jadi dua hari. Ini dilaksanakan supaya tukang itu memperoleh keuntungan yang semakin banyak. Bila ini terjadi, kamu juga harus menanti semakin lama dan keluarkan dana semakin banyak untuk tugas perbaikan rumah kamu.

Peristiwa itu telah banyak dirasakan oleh orang yang mengaryakan tukang harian. Umumnya ini muncul karena tidak pahami ketidaksamaan di antara tukang harian dan borongan.

Untuk menanganinya kamu dapat memantau tugas tukang dengan teratur, kamu bisa juga membuat kontrak yang terang antara dua sebelah pihak supaya bisa sama-sama memberikan keuntungan.

Harga tukang harian saat artikel ini dipost di wilayah Jabodetabek, mempunyai range yang bervariatif bergantung dari tipe kerjanya. Tetapi kisaran harga yang umum ialah sekitaran Rp 100.000 sampai Rp 150.000 setiap hari.

Tukang borongan

Tukang borongan ialah tukang yang memakai mekanisme pembayaran per tugas atau per m2, sesuai harga yang ditetapkan oleh tukang dan sudah disetujui bersama. Disamping itu, tukang borongan kadang dibagi jadi dua yakni mekanisme borongan dengan pembelian material dan mekanisme borongan tugas saja. Penyeleksian mekanisme ini harus juga disetujui di antara kedua pihak saat sebelum tugas diawali.

Kelebihan

Kelebihan tukang borongan ialah kamu tak perlu cemas sama waktu pembuatan perbaikan. Karena umumnya dengan mekanisme ini, tukang sudah mengestimasikan berapa lama saat yang diperlukan untuk menuntaskan tugas.

Kamu tak perlu cemas bila saat yang ditetapkan semakin lama, karena tidak ada ongkos tambahan untuk bayar jasa tukang. Kamu tak perlu ribet untuk beli beberapa bahan material yang diperlukan, karena umumnya tukang borongan akan sediakan semua jenis kepentingan yang diperlukan.

Harga mekanisme borongan umumnya lebih murah dan saat yang diperlukan juga umumnya bisa lebih cepat bila dibanding dengan mekanisme tukang harian.

Kelemahan

Kelemahan pada tukang borongan ialah tugas yang dituntaskan umumnya kurang berkualitas. Ini karena umumnya tugas dilaksanakan secara tergesa-gesa karena memburu sasaran saat yang sudah ditetapkan.

Untuk menanganinya kamu harus dapat cari tukang yang berkualitas dan bukan hanya asal bekerja saja. Coba untuk menanyakan ke orang sekeliling dan toko bangunan berkenaan tukang yang berkualitas dan sesuai persyaratan kamu.

Dan janganlah lupa untuk memantau tugas tukang ketika waktu senggang kamu supaya tugas tidak dilaksanakan dengan sembarangan dan meremehkan kualitas. Kamu tidak ingin kan telah keluarkan banyak uang untuk perbaikan rumah rupanya kwalitasnya jelek dan perlu diperbarui lagi dalam periode waktu dekat.

Harga tukang borongan mempunyai harga yang bervariatif bila disaksikan dari kerjanya. Tetapi harga tukang borongan pada umumnya saat website ini dipost ialah sekitaran 3 sampai empat juta rupiah per m2 untuk rumah menengah, 4 sampai lima juta rupiah untuk rumah eksklusif, dan di atas lima juta rupiah untuk rumah benar-benar eksklusif.

Kamu harus pahami dan tentukan lebih dulu apa yang penting ditangani. Coba untuk konsultasi sama orang yang telah mempunyai pengalaman di dunia konstruksi, karena kadang ada sisi rumah yang kelihatan masih bagus tetapi perlu dilaksanakan pembaruan. Disamping itu, kamu harus juga mengelola keuangan kamu untuk menyiapkan bayaran tukang ya. Janganlah sampai tugas berhenti di tengah-tengah jalan karena uang yang kamu punyai kurang cukup untuk bayar tukang.

Bila tugas yang ingin kamu kerjakan banyak dan kurang lebih membutuhkan waktu lama seperti menambahkan lantai atau mengganti tata ruang keseluruhannya, lebih bagus kamu pilih tukang dengan mekanisme borongan karena ongkos yang dikeluarkan peluang semakin lebih murah. Waktu pembuatan juga peluang akan usai lebih cepat dan on time.

Dan bila tugas yang ingin dilaksanakan sedikit dan detil seperti membenarkan genteng, lebih bagus kamu memakai jasa tukang harian supaya kualitas tugas lebih bagus dan berkualitas.